Kamis, 31 Mei 2012

Legenda Tangkuban Perahu








Diceritakan bahwa Raja Sungging Perbangkara pergi berburu. Di tengah hutan Sang Raja membuang air seni yang tertampung dalam daun caring (keladi hutan). Seekor babi hutan betina bernama Wayungyang yang tengah bertapa ingin menjadi manusia meminum air seni tadi. Wayungyang hamil dan melahirkan seorang bayi cantik. Bayi cantik itu dibawa ke keraton oleh ayahnya dan diberi nama Dayang Sumbi alias Rarasati.
Dayang Sumbi sangat cantik dan cerdas, banyak para raja yang meminangnya, tetapi seorang pun tidak ada yang diterima. Akhirnya para raja saling berperang di antara sesamanya. Galau hati Dayang Sumbi melihat kekacauan yang bersumber dari dirinya. Atas permitaannya sendiri Dayang Sumbi mengasingkan diri di sebuah bukit ditemani seekor anjing jantan yaitu Si Tumang. Ketika sedang asyik bertenun, toropong (torak) yang tengah digunakan bertenun kain terjatuh ke bawah. Dayang Sumbi karena merasa malas, terlontar ucapan tanpa dipikir dulu, dia berjanji siapa pun yang mengambilkan torak yang terjatuh bila berjenis kelamin laki-laki, akan dijadikan suaminya. Si Tumang mengambilkan torak dan diberikan kepada Dayang Sumbi.
Dayang Sumbi pun menikahi Si Tumang dan dikaruniai bayi laki-laki yang diberi nama Sangkuriang. Sangkuriang memiliki kekuatan sakti seperti ayahnya. Dalam masa pertumbuhannya, Sangkuring selalu ditemani bermain oleh Si Tumang yang yang dia ketahui hanya sebagai anjing yang setia, bukan sebagai ayahnya. Sangkuriang tumbuh menjadi seorang pemuda yang tampan, gagah perkasa dan sakti.
Pada suatu hari Sangkuriang berburu di dalam hutan disuruhnya Si Tumang untuk mengejar babi betina yang bernama Wayungyang. Karena si Tumang tidak menurut, Sangkuriang marah dan membunuh Si Tumang. Daging Si Tumang oleh Sangkuriang diberikan kepada Dayang Sumbi, lalu dimasak dan dimakannya. Setelah Dayang Sumbi mengetahui bahwa yang dimakannya adalah Si Tumang, kemarahannya pun memuncak serta merta kepala Sangkuriang dipukul dengan senduk yang terbuat dari tempurung kelapa sehingga luka dan diusirlah Sangkuriang.
Sangkuriang pergi mengembara mengelilingi dunia. Setelah sekian lama berjalan ke arah timur akhirnya sampailah di arah barat lagi dan tanpa sadar telah tiba kembali di tempat Dayang Sumbi, tempat ibunya berada. Sangkuriang tidak mengenal bahwa putri cantik yang ditemukannya adalah Dayang Sumbi – ibunya, begitu juga sebaliknya. Terjalinlah kisah kasih di antara kedua insan itu. Tanpa sengaja Dayang Sumbi mengetahui bahwa Sangkuriang adalah puteranya, dengan tanda luka di kepalanya.
Dayang Sumbi pun berusaha menjelaskan kesalahpahaman hubungan mereka. Walau demikian, Sangkuriang tetap memaksa untuk menikahinya. Dayang Sumbi meminta agar Sangkuriang membuatkan perahu dan telaga (danau) dalam waktu semalam dengan membendung sungai Citarum. Sangkuriang menyanggupinya.
Maka dibuatlah perahu dari sebuah pohon yang tumbuh di arah timur, tunggul/pokok pohon itu berubah menjadi gunung ukit Tanggul. Rantingnya ditumpukkan di sebelah barat dan mejadi Gunung Burangrang. Dengan bantuan para guriang, bendungan pun hampir selesai dikerjakan. Tetapi Dayang Sumbi bermohon kepada Sang Hyang Tunggal agar maksud Sangkuriang tidak terwujud. Dayang Sumbi menebarkan irisan boeh rarang (kain putih hasil tenunannya), ketika itu pula fajar pun merekah di ufuk timur. Sangkuriang menjadi gusar, dipuncak kemarahannya, bendungan yang berada di Sanghyang Tikoro dijebolnya, sumbat aliran sungai Citarum dilemparkannya ke arah timur dan menjelma menjadi Gunung Manglayang. Air Talaga Bandung pun menjadi surut kembali. Perahu yang dikerjakan dengan bersusah payah ditendangnya ke arah utara dan berubah wujud menjadi Gunung Tangkuban Perahu.
Sangkuriang terus mengejar Dayang Sumbi yang mendadak menghilang di Gunung Putri dan berubah menjadi setangkai unga jaksi. Adapun Sangkuriang setelah sampai di sebuah tempat yang disebut dengan Ujung berung akhirnya menghilang ke alam gaib (ngahiyang).


Versi Bahasa Sunda


Diceritakan yén Raja Sungging Perbangkara indit moroDi tengah leuweung Sang Raja miceun cai seni anu tertampung dina daun caring (keladi leuweung). Sabuntut babi leuweung betina ngaranna Wayungyang anu tengah bertapa hayang jadi manusa nginum caiseni tadi. Wayungyang hamil sarta ngababarkeun saurang orok geulisOrok geulis éta dibawa ka keraton ku bapana sarta dibéréngaran Dayang Sumbi landian Rarasati.
Dayang Sumbi pohara geulis sarta calakanloba para raja anu meminangnya, tapi saurang ogé euweuh anu ditarima.Pamustunganana para raja silih berperang di antara sasamana. Galau haté Dayang Sumbi nempo bancang pakéwuh anu bersumberti dirinaLuhur permitaannya sorangan Dayang Sumbi mengasingkan diri di hiji pasir dibaturan sabuntut anjing jalu nyaéta Si Tumang. Sabot keur uplek bertenun, toropong (torak) anu keur dipaké bertenun lawon terjatuh ka handap. Dayang Sumbi alatanngarasa kedul, terlontar kedalan tanpa dipikir tiheulamanéhna jangji saha ogé anu mengambilkan torak anu terjatuh lamun berjenis kelamin lalakibaris dijadikeun salakina. Si Tumang mengambilkan torak sarta dibikeun ka Dayang Sumbi.
Dayang Sumbi ogé nikah ka Si Tumang sarta dikaruniai orok lalaki anu dibéré ngaran Sangkuriang. Sangkuriang ngabogaankakuatan sakti kawas bapanaDina mangsa pertumbuhannya, Sangkuring sok dibaturan ulin ku Si Tumang anu anu manéhnanyaho ngan minangka anjing anu satialain minangka bapana. Sangkuriang tumuwuh jadi saurang nonoman anu tampan, gagah perkasa sarta sakti.
Dina hiji poé Sangkuriang moro di jero leuweung dititahna Si Tumang pikeun ngudag babi betina anu ngaranna Wayungyang. Alatansi Tumang henteu nurutkeun, Sangkuriang ambek sarta maéhan Si Tumang. Daging Si Tumang ku Sangkuriang dibikeun ka Dayang Sumbi, tuluy dimasak sarta dimakannya. Sanggeus Dayang Sumbi nyaho yén anu dimakannya nyaéta Si Tumang, kaambekna ogémemuncak sarta merta sirah Sangkuriang ditakol kalayan senduk anu dijieun ti batok kalapa ku kituna tatu sarta diusirlah Sangkuriang.
Sangkuriang indit ngumbara ngalingkung dunyaSanggeus sakitu lila leumpang ka arah wétan pamustunganana sampailah di arahkulon deui sarta tanpa sadar geus anjog balik di tempat Dayang Sumbi, tempat indungna aya. Sangkuriang henteu mikawanoh yénputri geulis anu kapanggihna nyaéta Dayang Sumbi – indungnakitu ogé sabalikna. Terjalinlah carita kaasih di antara kadua insanétaTanpa ngahaja Dayang Sumbi nyaho yén Sangkuriang nyaéta puteranya, jeung tanda tatu di sirahna.
Dayang Sumbi ogé usaha ngécéskeun kesalahpahaman hubungan maranéhananaCacak kitu, Sangkuriang tetep memaksa pikeunnikah ka manéhna. Dayang Sumbi ménta ambéh Sangkuriang mangnyieunkeun parahu sarta telaga (danau) dina waktu sapeutingkalayan mendet walungan Citarum. Sangkuriang menyanggupinya.
Mangka dibuatlah parahu ti hiji tangkal anu tumuwuh di arah wétan, tunggul/pokok tangkal éta robah jadi gunung ukit Tanggul.Régangna ditumpukkan di palebah kulon sarta mejadi Gunung Burangrang. Jeung bantuan para guriang, bendungan ogé ampirréngsé dipigawéTapi Dayang Sumbi bermohon ka Sang Hyang Tunggal ambéh maksud Sangkuriang henteu kabiruyungan. Dayang Sumbi menebarkan irisan boeh rarang (lawon bodas hasil tenunannya), sabot éta ogé fajar ogé merekah di ufuk wétan. Sangkuriangjadi gusar, dipenclut kaambekna, bendungan anu aya di Sanghyang Tikoro dijebolnya, sumbat aliran walungan Citarumdialungkeunana ka arah wétan sarta ngajanggélék jadi Gunung Manglayang. Cai Talaga Bandung ogé jadi surut balikParahu anudipigawé kalayan bersusah payah ditendangnya ka arah kalér sarta robah wujud jadi Gunung Tangkuban Parahu.
Sangkuriang terus ngudag Dayang Sumbi anu dumadakan ngiles di Gunung Putri sarta robah jadi setangkai unga jaksi. SedengkeunSangkuriang sanggeus nepi ka di hiji tempat anu disebut jeung Tungtung berung pamustunganana ngiles ka alam gaib (ngahiyang).

0 komentar:

Posting Komentar